Selasa, 15 Desember 2009

ini baru robot gaul

Robot AIDA, Teman Saat Berkendara


500x_aida
Para peneliti dari massachusetts institute of technology melakuakn sebuah penelitian untuk membuat sebuah robot dengan nama Affective Intelligent Driving Agent (AIDA). AIDA merupakan sebuah robot yang akan merubah interaksi manusia dengan kendaraannya, dalam hal ini adalah mobil.
AIDA merupakan sebuah robot yang rencananya akan dipasang di dash board mobil. AIDA akan melakukan interaksi dengan pengendara dengan menampilkan isyarat-isyarat dalam bentuk ekspresi wajah seperti senyum dan sedih. Dengan begini pengemudi akan memiliki sebuah ikatan interaksi yang berbeda dengan kendaraanya.
Dalam waktu kurang lebih satu minggu AIDA akan mempelajari  kecenderungan rute mobil tersebut berpergian. Dia akan menemukan lokasi rumah, sekolah atau tempat bekerja pemilik kendaraan. AIDA akan memberikan masukan dan pilihan lokasi toko-toko yang akan dikunjungi pengemudi. Dalam keadaan tertentu AIDA akan memberikan solusi jalur alternatif untuk terhindar dari kemacetan.
“Ketika menggabungkan pengetahuan tentang kota dengan pemahaman pengemudi prioritas dan kebutuhan, AIDA dapat membuat kesimpulan penting,” jelas Assaf Biderman, associate director dari Kota SENSEable Lab (dikutip KabarIT dari situs MIT)
Jika AIDA mengetahui bahan bakar kendaraan akan habis, AIDA akan mengingatkan kepada pengemudi untuk mengisi atau merekomedasikan untuk berhenti. AIDA juga dapat memberi Anda masukan cara mengemudi, sehingga membantu Anda mencapai lebih banyak efisiensi energi dan perilaku yang lebih aman
AIDA dikembangkan MIT dalam kemitraan dengan Audi, merek premium dari Volkswagen Group, dan Volkswagen Group of America’s Electronics Research Lab. MaSuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar